Mayoritas orang yang berjualan online itu
Pasti kalau balasin chat banyak yang malas, bener apa enggak?
Padahal kalau anda rajin balas chat, pasti penjualanmu akan naik banyak. Selamat datang di Blog Olahan Internet.Pokok Bahasan yang bertujuan untuk membantu teman-teman semua Supaya bisa berjualan dengan baik di marketplace.
Nah sekarang saya mau mengajak teman-teman ngomong tentang chat.bagaimana Trik yang Ampuh Mendongkrak penjualan Online Dengan Fitur Super Chat.Baik Itu Melalui Toko Online seperti Bukalapak,shopee,Tokopedia,dan Ribuan toko online lainya,Bahkan dengan Toko online pribadi yang menggunakan media sosial seperti Facebook,Instagram,Wahtsapp,dan lain-lain.
Saat kita berjualan di marketplace,Biasanya orang itu kalau suruh membalas chat ini malas Bener apa nggak?
Tapi sebenarnya chat itu penting sekali
Pada Artikel pembahasan kemarin, saya membuat tulisan tentang iklan. Setelah itu banyak yang berranya di email saya pada tanya:Bro,saya sudah beriklan sedemikian banyak, kok rugi terus ya
Coba tolong cek toko saya bro,Ya sudah akhirnya saya minta link tokonya.Nah setelah orang tersebut mengirim link tokonya, saya cek.Wah sebenernya jualannya bagus, setelah itu saya pura2 jadi customer
Saya tes...Hallo gan...ready apa enggak?
Lha jawabannya hanya : Ready silakan diorder Cuma gitu aja.Padahal sebenernya kan kalau chat itu, kalau memang kita profesional Balas chat itu tidak hanya seperti itu Harusnya kita memanfaatkan fitur chat tersebut dengan semaksimal mungkin
Supaya saat kita di chat customer Balas chatnya itu bagus Pasti orangnya akan beli banyak...gitu lho.Lha terus cara balas chat yang bener itu gimana ya?
Pasti pada tanya caranya gimana? Lha orangnya tanya ready kan pasti jawabannya ready toh?Gitu kan?
Jadi kalau kamu ditanyain customer ready apa enggak?Ya bener jawabannya ready
Kalau barangnya ada ya.Nah jawabnya ready silakan diorder
Ya tapi terus ditambahin, Anda itu di toko sedang ada promo apa.Promonya apa, trus ada diskon enggak, ada free ongkir apa enggak?Gitu lho....dikasih tahu.Jangan lupa, terus customernya diajak untuk follow toko
Lha tujuannya apa kok follow toko?
Kalau followermu banyak, maka kamu akan semakin mudah untuk berjualan Ya entah itu di lazada, shopee, tokopedia atau bukalapak ya semua, semua follower itu perlu.
Kalau kamu punya follower yang banyak,Kalau kamu bikin status, atau upload produk,Buat feed, atau bahkan kamu live streaming.Itu yang nonton pertama kali ya followermu.Kalau followermu banyak Ini bagus untuk promosi tokomu.
Nah caranya gimana mengkombinasikan follower toko dengan promosi yang ada di toko?
Nah begini, kalau customer tanya ready apa enggak gan?Jawabannya yang pertama adalah ready, silakan diorder.Setelah itu tambahin, jangan hanya berhenti disana saja
Tambahin gini...misalnya
Itu sebenarnya customer harus follow toko apa enggak sih?
Sebenarnya ya tidak
Lha terus mengapa kita membuat chat
Silakan follow toko kami supaya bisa menggunakan voucher ini.
Ini sebenarnya kita bermain di sugesti
Jadi kita mensugesti customer,Mengajak orang
Sebenarnya mereka tidak follow toko pun mereka bisa menggunakan voucher tersebut
Pakai voucher itu bisa, tapi dengan kita menulis chat seperti itu Orang akan berfikir
Oh...kalau mau dapat voucher ini
Berarti harus memfollow toko
Ya sudah akhirnya dia klik follow toko
Nah Anda akan mendapatkan dua keuntungan
Yang pertama mendapatkan follower
Dan yang kedua dapat order Karena customer telah dilayani dengan baik
Jadinya mereka senang untuk berbelanja di toko kita.
Ya itu salah satu triknya gimana caranya supaya Follower bertambah dan juga orderannya dapat.
Jadi gak hanya ready, silakan diorder saja
Tapi ya ditambahin lainnya.Trus kasih tahu ada promo apa, misalnya lagi...
Ada yang tanya lagi...tanya misalnya begini
Ada ukuran lain gak?Ada kak, mau ukuran berapa?Misalnya cuma gitu aja.
Jadi kita berikan sistem kerja di tempat kita
Caranya itu gimana kalau mau order
Misalnya yang ada ukuran, baju misalnya.
Misalnya ada lagi yang tanya-tanya ukuran
Kita itu daripada repot, langsung aja buat sistem Buat chat juga, tersedia dalam berbagai ukuran
Misalnya jualan baju kan ada ukuran S, M, L, XL dan lain sebagainya Atau ada juga warnanya Merah, kuning, hijau.
Nah itu semua disampaikan Caranya gimana? Klik varian untuk memilih Kliklah variannya untuk memilih Jadi kita informasikan kepada customer kita
Bagaimana cara untuk memilih warna atau ukuran
Nah itu salah satu tips untuk menjawab jika customer menanyakan tentang ukuran
Lainnya lagi, kalau misalnya, contohnya, di shopee.
shopee itu enak, kalau misalnya ada pesanan yang sudah masuk keranjang.
Sudah masuk keranjang belanja tetapi customer belum bayar
Itu kan sudah masuk pesanan baru, tetapi belum dibayar.
Setelah itu biasanya diapakan?Jangan cuma didoakan saja ya.Jangan cuma didoakan supaya segera bayar, tetapi juga di follow up
Di follow up dengan cara begini
Hallo kak, pesanannya ready, silakan dilanjutkan proses pembayarannya supaya bisa segera saya kirimkan.
Jadi orang akan berfikir, eh ternyata barang yang hendak saya beli itu ready.Kalau saya bayar sekarang maka bisa dikirimkan sekarang juga
Nah gitu kan enak, jadi orang akan berfikir, ya sudahlah saya bayar.Lalu, kalau sudah masuk keranjang belanja tetapi belum bayar
Belum bayar, lalu kan akhirnya tercancel
Kalau di shopee kan ada notifikasinya, pesanan tercancel karena belum dibayarkan
Nah itu diapakan? didoakan lagi? ya jangan
Ya di follow up lagi
Follow up lagi, beritahu customernya
Kak, pesanannya tercancel oleh sistem
karena apa? karena kakak belum bayar
Nah sekarang kalau kakak masih suka
Masih suka dengan barangnya dan ingin membeli Silakan diorder lagi
Ini saya tambahin diskon, supaya dia beli lagi
Jadi jangan cuma pasrah saja itu di follow up, follow up, follow up terus.
setelah itu contoh apa lagi ya, ini contoh yang paling sering nih.saya yakin ini yang biasanya bikin jengkel Kalau ditanyakan oleh customernya Pesanan saya sudah dikirim apa belum?
Sudah sampai mana?Mau jualan apa enggak, kok gak dikirim-kirim?
Kan kalau jualan dan apalagi pas ramai trus ditanya begitu kan bikin jengkel
Lagi sibuk packing tapi terus ditanyain sudah dikirim apa belum Order jam 3 tapi jam 4 sudah tanya sudah dikirim belum
Ya kadang rasanya keterlaluan Nah itu buatlah template untuk menjawab Contohnya seperti apa? contohnya misalnya
Kita memberitahu kalau sistem kerja di toko kita itu gimana
Misalnya Order yang masuk sebelum jam 3 sore Itu dikirim pada hari yang sama
Hari yang sama Tetapi jika sudah melewati jam 3 Misalnya jam 4 baru masuk ordernya, itu akan dikirim keesokan harinya
Setelah itu, beritahu lagi Kalau order yang dikirim hari ini,Itu resinya baru terupdate jam 10 malam, misalnya, kita cari amannya saja
Kalau jam 11 malam customer tanya, alasannya kita sudah tidur, gitu ya
Jadi jawabnya besoknya lagi.Jadi jawabannya itu buatlah yang enak
Jadi jawab itu gak cuma akhirnya dimarahin sama customer aja, kan bikin stress
apa lagi ya...hmmm...
Biasanya ya...
Biasanya nih kalau customer sudah order, dan selesai Dan barangnya sudah diterima customer.
Setelah itu customernya terima barang dan berkata oh bagus
Percaya tidak, kalau barangnya bagus biasanya customer itu malas memberi ulasan.Tapi...begitu barangnya datang, ternyata jelek atau rusak
Saya jamin customer akan langsung buat ...apa namanya Buat ulasan
Kasih bintang satu dan sambil memaki-maki.
Marah-marah Ini jualannya gimana? Barang jelek gini aja dikirim dan bla...bla...bla...
Tapi kalau dapat barangnya bagus, biasanya customer malas.Oleh karenanya, itu menjadi tugas kita, begitu melihat orderannya telah selesai
Kalau orderannya telah selesai, maka kirim chat lagi Chat apresiasi.
Jadi walau orderan sudah selesai jangan diabaikan.Jangan mentang-mentang uangnya sudah diterima, setelah itu anggapnya selesai
Lha ini calon prospek pelanggan kita berikutnya.Orang yang sekarang belanja, besok bisa belanja lagi lho
Nah kalau mereka dilayani dengan baik, misalnya diberikan apresiasi.Terima kasih sudah berbelanja di toko kami
Kalau kalau ada waktu, silakan sisihkan waktu untuk memberi ulasan...memberi rating
Supaya bisa...Memperbaiki pelayanan kami berikutnya
Nah biasanya ya, customer kalau diberikan pelayanan seperti ini pasti akan senang
Setelah itu mereka akan memberikan ulasan dan rating bintang 5 Sama barangnya begitu datang langsung difoto jepret...jepret...setelah itu diupload
Langsung upload dan berkata...luar biasa...
Pelayanannya bagus banget dan saya rekomendasi.Nah kalau sudah dapat ulasan seperti ini Bintang 5 dan ulasan serta foto yang bagus.Itu akan menjadi "next customer servicenya" kita
Jadi besok itu kalau kita berjualan Customer yang masuk ke toko kita dan melihat ulasan yang bagus begitu Gak usah panjang lebar menjelaskan, pasti langsung belanja
Seperti saya sendiri, jika hendak berbelanja secara online.Pasti saya akan melihat dulu, bagus atau tidak ulasannya
Kalau ulasannya dibawah bintang 4, pasti langsung saya skip Setidaknya minimal bintang 4, kalau sudah diatas bintang 4 baru saya beli
Oke...gitu yang teman-teman semua Kalau kita berjualan online.
Jualan online itu tidak sekedar beriklan
Setelah itu pasrah saja, dan saat ada yang bertanya tetap cuek aja
Tapi ya dibalas Tapi balasnya juga jangan asal-asalan balas
Balasnya itu pakai trik Biar bisa menambah jumlah follower.Lalu pesanan yang telah tercancel itu melakukan order ulang
Lalu yang sudah masuk keranjang belanja itu bagaimana caranya supaya segera bayar
Lalu bagaimana caranya menghadapi customer yang komplain barang belum diterima Itu tidak marah?
Setelah itu...untuk orderan yang sudah selesai Dilayani dengan baik dan diberikan apresiasi
Dan kalau bisa diberikan bonus untuk pembelian berikutnya
Sehingga customer jadi senang semua
Kalau customer senang maka nilai tokomu akan naik
Kalau nilai tokomu bagus, maka penjualan di kemudian hari akan lebih mudah
Ya gitu ya teman-teman semua Itu saja ya, mudah-mudahan Apa yang saya ulas ini bermanfaat
Bagaimana trik-triknya jualan di marketplace
Supaya teman-teman jadi pintar semua
Jadi top seller semua, jadi sukses semua, dan besok kalau ketemu saya ya saya ditraktir.sampai Jumpa di Tulisan Selanjutnya.
Tag:cara mendongkrak penjualan online
cara meningkatkan penjualan online
cara meningkatkan penjualan di gofood
cara meningkatkan penjualan bisnis online
cara meningkatkan penjualan berbasis online
bagaimana cara meningkatkan penjualan
bagaimana cara meningkatkan penjualan online
bagaimana cara meningkatkan penjualan secara signifikan pada bisnis retail
cara meningkatkan penjualan di grabfood
cara meningkatkan penjualan marketing
Pasti kalau balasin chat banyak yang malas, bener apa enggak?
Padahal kalau anda rajin balas chat, pasti penjualanmu akan naik banyak. Selamat datang di Blog Olahan Internet.Pokok Bahasan yang bertujuan untuk membantu teman-teman semua Supaya bisa berjualan dengan baik di marketplace.
Broadcast/super chat |
Saat kita berjualan di marketplace,Biasanya orang itu kalau suruh membalas chat ini malas Bener apa nggak?
Tapi sebenarnya chat itu penting sekali
Pada Artikel pembahasan kemarin, saya membuat tulisan tentang iklan. Setelah itu banyak yang berranya di email saya pada tanya:Bro,saya sudah beriklan sedemikian banyak, kok rugi terus ya
Coba tolong cek toko saya bro,Ya sudah akhirnya saya minta link tokonya.Nah setelah orang tersebut mengirim link tokonya, saya cek.Wah sebenernya jualannya bagus, setelah itu saya pura2 jadi customer
Saya tes...Hallo gan...ready apa enggak?
Lha jawabannya hanya : Ready silakan diorder Cuma gitu aja.Padahal sebenernya kan kalau chat itu, kalau memang kita profesional Balas chat itu tidak hanya seperti itu Harusnya kita memanfaatkan fitur chat tersebut dengan semaksimal mungkin
Supaya saat kita di chat customer Balas chatnya itu bagus Pasti orangnya akan beli banyak...gitu lho.Lha terus cara balas chat yang bener itu gimana ya?
Pasti pada tanya caranya gimana? Lha orangnya tanya ready kan pasti jawabannya ready toh?Gitu kan?
Jadi kalau kamu ditanyain customer ready apa enggak?Ya bener jawabannya ready
Kalau barangnya ada ya.Nah jawabnya ready silakan diorder
Ya tapi terus ditambahin, Anda itu di toko sedang ada promo apa.Promonya apa, trus ada diskon enggak, ada free ongkir apa enggak?Gitu lho....dikasih tahu.Jangan lupa, terus customernya diajak untuk follow toko
Lha tujuannya apa kok follow toko?
Kalau followermu banyak, maka kamu akan semakin mudah untuk berjualan Ya entah itu di lazada, shopee, tokopedia atau bukalapak ya semua, semua follower itu perlu.
Kalau kamu punya follower yang banyak,Kalau kamu bikin status, atau upload produk,Buat feed, atau bahkan kamu live streaming.Itu yang nonton pertama kali ya followermu.Kalau followermu banyak Ini bagus untuk promosi tokomu.
Nah caranya gimana mengkombinasikan follower toko dengan promosi yang ada di toko?
Nah begini, kalau customer tanya ready apa enggak gan?Jawabannya yang pertama adalah ready, silakan diorder.Setelah itu tambahin, jangan hanya berhenti disana saja
Tambahin gini...misalnya
Itu sebenarnya customer harus follow toko apa enggak sih?
Sebenarnya ya tidak
Lha terus mengapa kita membuat chat
Silakan follow toko kami supaya bisa menggunakan voucher ini.
Ini sebenarnya kita bermain di sugesti
Jadi kita mensugesti customer,Mengajak orang
Sebenarnya mereka tidak follow toko pun mereka bisa menggunakan voucher tersebut
Pakai voucher itu bisa, tapi dengan kita menulis chat seperti itu Orang akan berfikir
Oh...kalau mau dapat voucher ini
Berarti harus memfollow toko
Ya sudah akhirnya dia klik follow toko
Nah Anda akan mendapatkan dua keuntungan
Yang pertama mendapatkan follower
Dan yang kedua dapat order Karena customer telah dilayani dengan baik
Jadinya mereka senang untuk berbelanja di toko kita.
Ya itu salah satu triknya gimana caranya supaya Follower bertambah dan juga orderannya dapat.
Jadi gak hanya ready, silakan diorder saja
Tapi ya ditambahin lainnya.Trus kasih tahu ada promo apa, misalnya lagi...
Ada yang tanya lagi...tanya misalnya begini
Ada ukuran lain gak?Ada kak, mau ukuran berapa?Misalnya cuma gitu aja.
Jadi kita berikan sistem kerja di tempat kita
Caranya itu gimana kalau mau order
Misalnya yang ada ukuran, baju misalnya.
Misalnya ada lagi yang tanya-tanya ukuran
Kita itu daripada repot, langsung aja buat sistem Buat chat juga, tersedia dalam berbagai ukuran
Misalnya jualan baju kan ada ukuran S, M, L, XL dan lain sebagainya Atau ada juga warnanya Merah, kuning, hijau.
Nah itu semua disampaikan Caranya gimana? Klik varian untuk memilih Kliklah variannya untuk memilih Jadi kita informasikan kepada customer kita
Bagaimana cara untuk memilih warna atau ukuran
Nah itu salah satu tips untuk menjawab jika customer menanyakan tentang ukuran
Lainnya lagi, kalau misalnya, contohnya, di shopee.
shopee itu enak, kalau misalnya ada pesanan yang sudah masuk keranjang.
Sudah masuk keranjang belanja tetapi customer belum bayar
Itu kan sudah masuk pesanan baru, tetapi belum dibayar.
Setelah itu biasanya diapakan?Jangan cuma didoakan saja ya.Jangan cuma didoakan supaya segera bayar, tetapi juga di follow up
Di follow up dengan cara begini
Hallo kak, pesanannya ready, silakan dilanjutkan proses pembayarannya supaya bisa segera saya kirimkan.
Jadi orang akan berfikir, eh ternyata barang yang hendak saya beli itu ready.Kalau saya bayar sekarang maka bisa dikirimkan sekarang juga
Nah gitu kan enak, jadi orang akan berfikir, ya sudahlah saya bayar.Lalu, kalau sudah masuk keranjang belanja tetapi belum bayar
Belum bayar, lalu kan akhirnya tercancel
Kalau di shopee kan ada notifikasinya, pesanan tercancel karena belum dibayarkan
Nah itu diapakan? didoakan lagi? ya jangan
Ya di follow up lagi
Follow up lagi, beritahu customernya
Kak, pesanannya tercancel oleh sistem
karena apa? karena kakak belum bayar
Nah sekarang kalau kakak masih suka
Masih suka dengan barangnya dan ingin membeli Silakan diorder lagi
Ini saya tambahin diskon, supaya dia beli lagi
Jadi jangan cuma pasrah saja itu di follow up, follow up, follow up terus.
setelah itu contoh apa lagi ya, ini contoh yang paling sering nih.saya yakin ini yang biasanya bikin jengkel Kalau ditanyakan oleh customernya Pesanan saya sudah dikirim apa belum?
Sudah sampai mana?Mau jualan apa enggak, kok gak dikirim-kirim?
Kan kalau jualan dan apalagi pas ramai trus ditanya begitu kan bikin jengkel
Lagi sibuk packing tapi terus ditanyain sudah dikirim apa belum Order jam 3 tapi jam 4 sudah tanya sudah dikirim belum
Ya kadang rasanya keterlaluan Nah itu buatlah template untuk menjawab Contohnya seperti apa? contohnya misalnya
Kita memberitahu kalau sistem kerja di toko kita itu gimana
Misalnya Order yang masuk sebelum jam 3 sore Itu dikirim pada hari yang sama
Hari yang sama Tetapi jika sudah melewati jam 3 Misalnya jam 4 baru masuk ordernya, itu akan dikirim keesokan harinya
Setelah itu, beritahu lagi Kalau order yang dikirim hari ini,Itu resinya baru terupdate jam 10 malam, misalnya, kita cari amannya saja
Kalau jam 11 malam customer tanya, alasannya kita sudah tidur, gitu ya
Jadi jawabnya besoknya lagi.Jadi jawabannya itu buatlah yang enak
Jadi jawab itu gak cuma akhirnya dimarahin sama customer aja, kan bikin stress
apa lagi ya...hmmm...
Biasanya ya...
Biasanya nih kalau customer sudah order, dan selesai Dan barangnya sudah diterima customer.
Setelah itu customernya terima barang dan berkata oh bagus
Percaya tidak, kalau barangnya bagus biasanya customer itu malas memberi ulasan.Tapi...begitu barangnya datang, ternyata jelek atau rusak
Saya jamin customer akan langsung buat ...apa namanya Buat ulasan
Kasih bintang satu dan sambil memaki-maki.
Marah-marah Ini jualannya gimana? Barang jelek gini aja dikirim dan bla...bla...bla...
Tapi kalau dapat barangnya bagus, biasanya customer malas.Oleh karenanya, itu menjadi tugas kita, begitu melihat orderannya telah selesai
Kalau orderannya telah selesai, maka kirim chat lagi Chat apresiasi.
Jadi walau orderan sudah selesai jangan diabaikan.Jangan mentang-mentang uangnya sudah diterima, setelah itu anggapnya selesai
Lha ini calon prospek pelanggan kita berikutnya.Orang yang sekarang belanja, besok bisa belanja lagi lho
Nah kalau mereka dilayani dengan baik, misalnya diberikan apresiasi.Terima kasih sudah berbelanja di toko kami
Kalau kalau ada waktu, silakan sisihkan waktu untuk memberi ulasan...memberi rating
Supaya bisa...Memperbaiki pelayanan kami berikutnya
Nah biasanya ya, customer kalau diberikan pelayanan seperti ini pasti akan senang
Setelah itu mereka akan memberikan ulasan dan rating bintang 5 Sama barangnya begitu datang langsung difoto jepret...jepret...setelah itu diupload
Langsung upload dan berkata...luar biasa...
Pelayanannya bagus banget dan saya rekomendasi.Nah kalau sudah dapat ulasan seperti ini Bintang 5 dan ulasan serta foto yang bagus.Itu akan menjadi "next customer servicenya" kita
Jadi besok itu kalau kita berjualan Customer yang masuk ke toko kita dan melihat ulasan yang bagus begitu Gak usah panjang lebar menjelaskan, pasti langsung belanja
Seperti saya sendiri, jika hendak berbelanja secara online.Pasti saya akan melihat dulu, bagus atau tidak ulasannya
Kalau ulasannya dibawah bintang 4, pasti langsung saya skip Setidaknya minimal bintang 4, kalau sudah diatas bintang 4 baru saya beli
Oke...gitu yang teman-teman semua Kalau kita berjualan online.
Jualan online itu tidak sekedar beriklan
Setelah itu pasrah saja, dan saat ada yang bertanya tetap cuek aja
Tapi ya dibalas Tapi balasnya juga jangan asal-asalan balas
Balasnya itu pakai trik Biar bisa menambah jumlah follower.Lalu pesanan yang telah tercancel itu melakukan order ulang
Lalu yang sudah masuk keranjang belanja itu bagaimana caranya supaya segera bayar
Lalu bagaimana caranya menghadapi customer yang komplain barang belum diterima Itu tidak marah?
Setelah itu...untuk orderan yang sudah selesai Dilayani dengan baik dan diberikan apresiasi
Dan kalau bisa diberikan bonus untuk pembelian berikutnya
Sehingga customer jadi senang semua
Kalau customer senang maka nilai tokomu akan naik
Kalau nilai tokomu bagus, maka penjualan di kemudian hari akan lebih mudah
Ya gitu ya teman-teman semua Itu saja ya, mudah-mudahan Apa yang saya ulas ini bermanfaat
Bagaimana trik-triknya jualan di marketplace
Supaya teman-teman jadi pintar semua
Jadi top seller semua, jadi sukses semua, dan besok kalau ketemu saya ya saya ditraktir.sampai Jumpa di Tulisan Selanjutnya.
Tag:cara mendongkrak penjualan online
cara meningkatkan penjualan online
cara meningkatkan penjualan di gofood
cara meningkatkan penjualan bisnis online
cara meningkatkan penjualan berbasis online
bagaimana cara meningkatkan penjualan
bagaimana cara meningkatkan penjualan online
bagaimana cara meningkatkan penjualan secara signifikan pada bisnis retail
cara meningkatkan penjualan di grabfood
cara meningkatkan penjualan marketing